JRA El Paidi Pasuruan Menggelar Pelatihan Bekam, Totok, dan Gurah

Pasuruan – Bertempat di sekretariat pengurus cabang jamiyah ruqyah Aswaja (JRA) El Paidi Pasuruan Raya, PP. An Nur Kambeng Kepulungan Gempol, selama sehari penuh selama sehari penuh menggelar pelatihan bekam, totok, dan gurah (Bektogur), Ahad 12 Juli 2020.

PC YJRA El Paidi Pasuruan Raya bekerjasama dengan pengurus wilayah YJRA Jawa Timur ini diikuti oleh 30 praktisi YJRA yang berasal dari Pasuruan, Mojokerto, Sidoarjo, dan Surabaya. Pelatihan bekam, totok, dan gurah serta tibbun nabawy ini bertujuan untuk membekali para praktisi YJRA selain keilmuan ruqyah.

Kang Hafidz, selaku ketua PC YJRA El Paidi Pasuruan Raya sekaligus mewakili keseluruhan panitia menjelaskan bahwa, kegiatan ini sebenarnya sudah diagendakan pada bulan april yang lalu, namun karena situasi pandemi covid 19, maka pelatihan ditunda dan baru bisa dilaksanakan bulan ini.

“Pelatihan ini bertujuan membekali para praktisi ruqyah YJRA dengan keilmuan tibbun nabawy seperti bekam dan gurah. supaya para praktisi dapat lebih optimal dalam berdakwah,mensyiarkan Al Qur’an sebagai syifa,” lanjut Kang Hafidz.

Sementara itu Ust. Husnurrokhim Aly, selaku pemateri yang juga Pengurus Pusat YJRA Div. Herbal dan Tibbun Nabawy berpesan kepada para alumni pelatihan hendaknya mempraktikkan keilmuan yang diperoleh secara rutin.

Selain itu Husnurrokhim, yang juga ketua PBI Jember menyarankan kepada para alumni untuk semakin mengasah keilmuan dengan cara pada tanggal sunnah bekam, untuk bersilaturrahmi antar sesama alumni dengan melakukan bekam bersama secara bergantian sekaligus sebagai sarana upgrade keilmuan.

“Dalam bekam terdapat ibadah, karna itba’ kepada rasul Muhammad SAW sekaligus bentuk mahabbah kepada rosul Muhammad SAW, sehingga harus diniatkan yang baik” tutup Husnurrohim mengakhiri wawancara. (JRA/Sis)

One Reply to “JRA El Paidi Pasuruan Menggelar Pelatihan Bekam, Totok, dan Gurah”

Leave a Reply

Your email address will not be published.