JRA Kutai Timur Goes to School

Salah satu program kerja pengurus cabang jamiyah Ruqyah Aswaja tim Rakuti kabupaten Kutai Timur adalah “JRA goes to School”. SMPN 5 Sangatta Utara menjadi sekolah pertama yang dijadikan sebagai lokasi ruqyah massal, Jumat (21/02).

Ruqyah atau rukyah ( رقية) merupakan metode pengobatan dengan cara membacakan ayat-ayat Alquran kemudian ditiupkan ke air, media lain ataupun ke marqy/marqiyah (pasien) secara langsung. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ruqyah ditulis secara baku dengan menggunakan rukiah yang artinya segala yang berhubungan dengan pesona (guna-guna dan sebagainya); sinar.

Rukiah berlangsung di lapangan SMPN 5 Sangatta Utara. Setelah proses pembacaan doa secara bersama-sama selesai, peserta didik lalu meminum segelas air yang sudah disiapkan dan telah didoakan sebelumnya.

Rukiah atau ruqyah ini bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan juga untuk menetralisir jiwa dan pikiran peseta didik dari penyakit hati. Di samping itu, untuk lingkup sekolah ruqyah berguna untuk pengobatan yang dikhususkan berkaitan dengan kenakalan remaja, anak sulit dinasehati, dan kecanduan rokok minuman keras, ngelem, serta kecanduan gawai

Dengan pembersihan secara spiritual ini diharapkan peserta didik bisa menyerap ilmu di bangku sekolah secara lebih optimal, mudah menerima pembelajaran juga memotivasi peserta didik untuk membuka lembaran baru dengan pemahaman agama yang lebih baik sehingga peserta didik menjadi tenang dan nyaman yang pada gilirannya berdampak pada semangat belajar dan peningkatan prestasi belajarnya. Semoga menjadi anak-anak yang berkarakter.

Sismanto
Ketua JRA Tim Rakuti Kaltim

Leave a Reply

Your email address will not be published.