Ruqyah Kubro, Cara JRA dan LDNU Jombang Peringati Maulidurrasul

Jombang, NU Online

Banyak cara dilakukan masyarakat untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, selain dengan bacaan shalawat sebagaimana masyhur di berbagai lapisan masyarakat, kegiatan lain juga digelar mereka.

Seperti Jamiyah Ruqyah Aswaja (JRA) dan Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Jombang, Jawa Timur. Dua organisasi ini bersinergi untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan ruqyah kubro, Ahad (9/12).

Kegiatan yang berlangsung di Islamic Center Masjid H Moeldoko, Bandarkedungmulyo, Jombang itu sebagai wadah masyarakat untuk melakukan pengobatan medis dan non medis.

“Ruqyah kubro ini merupakan dakwah NU di bidang pengobatan (suwuk) baik medis maupun non medis,” kata Ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Jombang, Aang Fatihul Islam kepada NU Online.

Namun demikian, keberadaan ruqyah ini menurutnya harus gencar disosialisakan kepada sejumlah lapisan masyarakat. Pasalnya, sebagian dari masyarakat tersebut masih berpandangan miring terhadap ruqyah. Padahal imbuhnya, ruqyah khususnya yang dilakukan olah warga NU, selain menjadi media pengobatan, upaya untuk meningkatkan ibadah juga dilakukan.

“Ruqyah itu juga sebagai sosialisasi bahwa di NU ada ruqyah yang amaliyah dan doanya sesuai amaliyah NU, misal jamaah diajak shalawat, istighfar, dzikir,  doa, dan membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an dan seterusnya,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, peserta ruqyah tak hanya terdiri dari masyarakat Jombang sendiri, namun beberapa warga dari luar Kota Santri itu juga ikut ruqyah. Seperti  warga Kabupaten Nganjuk, Madiun,  Kediri, dan beberapa warga asal daerah lain. “Tak hanya dari Jombang, namun juga dari daerah tetangga, semoga kegiatan ini bermanfaat,” pungkasnya. (Syamsul Arifin/Muiz)

Sumber: https://www.nu.or.id/post/read/100110/ruqyah-kubro-cara-jra-dan-ldnu-jombang-peringati-maulidurrasul-

Leave a Reply

Your email address will not be published.